https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
Analisis Kemampuan Berpikir Kombinatorik Siswa SMP PGRI Bruno | Safitri | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

Analisis Kemampuan Berpikir Kombinatorik Siswa SMP PGRI Bruno

Ika Safitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kombinatorik siswa SMP PGRI Bruno pada materi peluang. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII SMP PGRI Bruno tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik purposive yaitu dengan memilih subjek berdasarkan nilai matematika tinggi di SMP PGRI Bruno dan terpilih sebanyak tiga siswa dari 10 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan catatan lapangan. Instrumen yang peneliti gunakan yaitu berupa lembar soal yang terdiri dari satu soal esay yang berkaitan dengan materi peluang yang sudah divalidasi oleh dua validator dosen pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo, pedoman wawancara dan form catatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada tahapan kombinatorial pertama siswa SMP PGRI Bruno mampu menemukan beberapa kasus dari soal yang diberikan. Pada tahapan kombinatorial kedua siswa SMP PGRI Bruno mampu menemukan seluruh kemungkinan kasus dengan menggambarkan alternatif solusi dan menyebutkan jawaban yang sebelumnya disebutkan pada tahapan kombinatorial pertama. Pada tahapan kombinatorial ketiga, siswa SMP PGRI Bruno mampu menemukan seluruh kemungkinan kasus secara sistematis. Begitu juga dengan tahapan kombinatorial keempat, siswa SMP PGRI Bruno mampu menemukan rumus dari permasalahan yang ditemukan dengan konteks kombinatorial yang lain. Berdasarkan hal tersebut siswa SMP PGRI Bruno dengan memiliki nilai matematika tinggi yaitu lebih dari 75 mampu menyelesaikan masalah kombinatorial yang diberikan dan mampu memenuhi seluruh tahapan kombinatorial.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v47i3.8590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.